Tips Melawan Rasa Lapar Saat Puasa

Kamis, 01 Juni 2017 - 14:20 WIB
Tips Melawan Rasa Lapar Saat Puasa
Tips Melawan Rasa Lapar Saat Puasa
A A A
JAKARTA - Rasa lapar kerap dikeluhkan sejumlah orang saat menjalankan puasa Ramadan. Padahal, tak hanya mendapatkan lapar dan haus, puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti halnya menurunkan berat badan hingga detoksifikasi.

Namun, bagi mereka yang tak terbiasa menahan lapar, tentunya puasa menjadi tantangan tersendiri. Nah, agar tetap bersemangat dan melawan rasa lapar ketika puasa berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan menurut ahli nutrisi Desy Nur Arista.

1. Ubah kebiasaan pola makan dan gaya hidup
"Frekuensi makan yang tadinya sering menjadi kurang. Makan dalam porsi kecil menjadi porsi besar. Makan yang mudah dicerna menjadi lebih lama dicerna karena tubuh membutuhkan lebih banyak enzim dan waktu untuk mencerna. Variasai makanan juga lebih banyak," papar Desy.

2. Melakukan pekerjaan
"Mengurus pekerjaan rumah, misalnya membersihkan rumah, berkebun, membaca buku dan menyelesaikan pekerjaan bisa membantu pikiran lebih fokus pada hal lain selain lapar," kata dia.

3. Jalan-jalan
"Jalan santai bisa meningkatkan efek membakar lembak saat puasa. Selain itu bisa meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh pada umumnya," ujarnya.

4. Melakukan aktivitas fisik atau hobi
"Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dan melakukan hobi kegemaran bisa mengalihkan diri saat berpuasa karena pikiran fokus pada aktivitas tersebut," jelasnya.

5. Meditasi
"Perlahan-lahan lawan rasa lapar dan belajar untuk merasa santai juga tenang," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4389 seconds (0.1#10.140)